Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 1 (2021): MAY

Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Muslim Muslim (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ulfiani Rahman (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ridwan Idris (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ahmad Farham Majid (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Sri Sulasteri (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai dampak/pengaruh dari minat dan kemandirian peserta didik dalam belajar terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Penentuan populasi menggunakan teknik sampling jenuh dan mengambil peserta didik kelas VIII yang berjumlah 96 orang sebagai populasi penelitian. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tombolo Pao dengan penggunaan instrumen berupa skala minat belajar, skala kemandirian, serta lembar dokumentasi. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial (regresi ganda). Hasil analisis untuk minat dalam belajar dominan masuk dalam kategori tinggi. Pada kemandirian belajar dominan hasilnya masuk dalam kategori yang juga tinggi. Hasil belajar peserta didik dominan masuk dalam kategori yang sedang. Secara statistik inferensial hasilnya menunjukkan bahwa minat dan kemandirian dalam belajar berdampak yang bagus terhadap hasil belajar peserta didik dengan koefisien determinasinya sebesar 48.1%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...