Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 1 (2021): MAY

Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Gaya Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTs

Sri Ramdani (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nursalam Nursalam (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Mardiah Mardiah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nidya Nina Ichiana (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Munawarah Munawarah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah agar mengetahui korelasi antara persepsi peserta didik terhadap gaya mengajar guru dengan prestasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Ex post facto. Populasinya berjumlah 65 orang yang merupakan seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Takwa Kabupaten Gowa. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa skala persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru dan dokumentasi prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data statistik deskriptif pada persepsi peserta didik memperoleh nilai rata-rata 91. Gaya mengajar yang cenderung dilakukan oleh gurunya adalah gaya mengajar klasik dengan persentase 55,4%. Untuk prestasi belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 78 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru dengan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Takwa Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...