Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 1 (2021): MAY

Pengaruh Strategi Giving Questions and Getting Answer dan Strategi Multilevel terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Nur Yuliany (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nurfadillah Nurfadillah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ahmad Afif (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Ika Prasasti Abrar (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Halimah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui perbedaan antara strategi giving questions and getting answer dengan multilevel pada pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan menerapkan desain non-equivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampelnya terdiri dari kelas X MIA 2 dan 5 dari SMA Negeri 11 Makassar dengan jumlah 60 siswa. Instrumen yang diterapkan ialah tes yang berbentuk esai yang terdiri dari masing-masing 5 item pertanyaan untuk tes awal dan tes akhir, serta lembar pengamatan untuk guru. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Dari rangkaian pengamatan, selisish hasil pretest dan posttest kelas eksperimen meningkat 27.43, sementara selisih pretest dan posttest kelas pembanding meningkat 25,56. Lalu ketika dianalisis dengan independent sample t-test nilai signifikan lebih besar dari nilai α = 0,05 sehingga diputuskan bahwa tidak ada perbedaan jika guru menerapkan strategi giving questions and getting answer dengan strategi multilevel pada pemahaman konsep para siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...