Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran
Vol 3 No 1 (2021)

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR KEBUGARAN JASMANI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 4 SAWAH LAMA

Sajidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktifitas belajar Kebugaran Jasmani Penjas Orkes pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sawah Lama Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Sawah Lama Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kleas V SD Negeri 4 Sawah Lama Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019, berjumlah 27 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dapat dikategorikan berhasil jika: 75% siswa aktif/sangat aktif mengikuti proses pembelajaran demonstrasi, dengan demikian siklus penelitian dihentikan. Hasil penelitian pada proses pembelajaran Kebugaran Jasmani Penjas Orkes dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sawah Lama Tahun Pelajaran 2018/2019, yaitu pada siklus 1 kinerja guru mencapai 66,67% dan aktivitas siswa mencapai 62,69%. Pada siklis II kinerja guru mencapai 77,08% dan aktivitas siswa mencapai 70,37%. Pada siklus III kinerja guru mencapai 87,50% dan aktivitas siswa mencapai 77,78%. Kata Kunci: Aktivitas, Metode Demonstrasi, Siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hepi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Evaluasi dan Pembelajan is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: program/policy evaluation, learning assessment, instrument development, educational measurement, ...