Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak
Vol 3, No 1 (2021)

Developing Gender-Based Justice Relationships in Indonesian Families During the COVID-19 Pandemic

Yeni Huriani (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Mohammad Taufik Rahman (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Mochamad Ziaul Haq (Open Integrity Program of Indonesia’s RSCJ)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Dengan situasi Bekerja dari Rumah (WFH) dan Belajar dari Rumah (SFH) selama Pandemi COVID-19, tanggung jawab keluarga perempuan telah meningkat. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan pasangan intim (IPV), kesehatan mental, dan tingginya resiko kekerasan terhadap anak, terutama anak perempuan. Studi ini menggunakan perspektif studi perempuan dengan pendekatan kualitatif dalam mengamati dan menganalisis secara kritis perkembangan pandemi COVID-19 yang menimpa perempuan selama tahun 2020, baik berdasarkan observasi langsung, studi literatur hasil penelitian dampak pandemi, serta berbagai laporan yang dipublikasikan oleh Pemerintah dan media swasta terpercaya. Studi ini menemukan bahwa pandemi dapat menciptakan realitas baru dalam relasi berbasis gender dalam rumah tangga, yaitu: membangun konstruksi baru relasi gender; dari kesetaraan gender hingga keadilan relasi kuasa berbasis gender; mengubah tanggung jawab pengasuhan dari mengandalkan ibu menjadi tanggung jawab orang tua secara kolektif; kebutuhan untuk meningkatkan pengaturan untuk pembagian kerja yang adil dalam pekerjaan dan perawatan di rumah. Artikel ini menggunakan kajian perempuan dalam menganalisis dan mengembangkan wacana kritis tentang keadilan relasi kekuasaan gender dalam keluarga di tengah pandemi yang memberi tekanan pada perempuan di Indonesia, terutama karena tuntutan WFH dan SFH.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equalita

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Nursing Social Sciences

Description

Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak focuses on topics related to gender and child issues. We aim to disseminate research and current developments on these issues. We invite manuscripts on gender and child topics in any perspectives, such as religion, economics, culture, history, education, law, ...