Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 15, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar

Ani Siti Anisah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sapriya Sapriya Katmajaya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kama Abdul Hakam (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ernawulan Syaodih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Wishfa Laeli Zakiyyah (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak sejak dini dalam mengenal emosi diri dan orang lain. Karena melalui kecerdasan emosional, seorang anak akan mampu mengembangkan aspek emosi sebagai bekal mereka dalam berinteraksi dengan teman sebaya maupun dengan individu lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap sikap sosial siswa di MI Hidayatussibyan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan sampel diambil dari kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terkait kecerdasan emosional sebesar 89.96%. Sikap Sosial yang ditunjukkan siswa memiliki sikap sosial positif dan berkesinambungan dengan kecerdasan emosional mereka. Tanggapan responden terkait sikap sosial ditunjukkan dengan 89.95% siswa mampu menerapkan sikap sosial yang baik di lingkungan kelas maupun di luar kelas bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap sosial siswa sebesar 78,12%, artinya berkorelasi positif  berdasarkan nilai koefisien korelasi 0,88 berdasarkan nilai Thitung disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap sikap sosial diterima karena thitung  > ttabel yaitu 9,061521 > 2,068658 dimana pengaruh variable lain sebesar 21,88%. Kata kunci: Kecerdasan Emosional; Sikap Sosial; Karakteristik Siswa Sekolah   Dasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...