E-JUPEKhu
Vol 9, No 2 (2021)

Meningkatkan Keterampilan Membuat Hiasan Kaligrafi Dari Manik-manik Dengan Model Direct Instruction Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh

Sakinah, Nurul (Unknown)
Z, Martias (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2021

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan keterampilan vikasional membuat hiasan kaligrafi dari manik-manik bagi anak tunagrahita ringan dengan model direct instruction. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh. Permasalahan yang melatar belakangi dilaksanakannya penelitian ini adalah di kelas V SLB Luak Nan Bungsu sudah pernah belajar tentang bagaimana cara membuat keterampilan dari manik-manik akan tetapi terdapat anak yang belum teraampil dalam membuat hiasan kaligrafi dari manik-manik tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, seriap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Adapun hasil yang di peroleh anak menggunakan dua siklus yaitu nilai MI pada tindakan siklus I yaitu 68%, dan pada siklus II memperoleh nilai 94%, sementara anak RA memperoleh nilai pada siklus I yaitu 64%, dan pada siklus II memperoleh nilai 92%, selanjutnya anak RP pada siklus I memperoleh nilai sebanyak 72% dan pada siklus II memperoleh nilai 96%. Berdasarkan dari data diatas, kesimpulan dari keterampilan membuat hiasan kaligrafi dari manik-manik mengalami peningkatan yang signifikan melalui model direct instruction.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...