Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 2 (2021)

Pendampingan Pengembangan Budaya Baca di MI Yaphiston Surabaya

Hernik Farisia (UIN Sunan Ampel)
Husniyatus Zainiyati (UIN Sunan Ampel)
Ali Mudlofir (UIN Sunan ampel)
Siti Lailiyah (UIN Sunan Ampel)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Minat baca siswa di MI Yaphiston Surabaya masih perlu didorong peningkatannya diindikasikan dengan sedikitnya prosentase siswa yang mengunjungi perpustakaan dan mengikuti kegiatan pembiasaan membaca. Hal ini dikarenakan keterbatasan buku bacaan non teks untuk peserta didik dan kurangnya pelibatan warga sekolah dalam menumbuhkan budaya baca siswa. Dengan pendekatan Community Based Research (CBR), proses pendampingan ini lebih menitikberatkan pada peran aktif komunitas sekolah dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pendampingan ini untuk mewujudkan perubahan positif yang diharapkan. Tindak lanjut dari inisiasi ini adalah langkah aksi yang terwujud dalam bentuk: (1) pelatihan strategi pengembangan budaya baca dan pengelolaan perpustakaan bagi warga madrasah, (2) pelaksanaan program budaya baca di MI Yaphiston diantaranya adalah Iqra’ fis Shabah, Word board activity, kata estafet, perpustakaan terbuka, dan kunjung perpustakaan, dan (3) terbentuknya kepengurusan perpustakaan. Berbagai upaya tersebut berkontribusi positif dalam meningkatkan minat baca siswa yang diindikasikan dengan peningkatan pengunjung perpustakaan yang mencapai 90% (24-25 siswa dari 169 siswa melakukan kunjungan ke perpustakaan per hari). Lebih dari itu, madrasah semakin berdaya dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah secara berkelanjutan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...