Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 5 No. 1 (2021): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

ANALISIS PENGARUH EDMODO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI

Chusnul Chotimah (Universitas Jember)
Anjar Putro Utomo (Universitas Jember)
Sri Wahyuni (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edmodo terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperiment. Desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa dengan menggunakan 4 indikator yaitu perasaan senang, perhatian siswa, keterlibatan siswa dan ketertarikan siswa. Data akan dianalisis menggunakan NGain. Berdasarkan hasil analisis minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 42% pada kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan edmodo. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan edmodo dapat berpengaruh terhadap minat belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...