JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

KONSEP PENDIDIKAN MELALUI SENI MUSIK OLEH KIAIKANJENG PADA FORUM MAIYAH

Luthfi Ardiansyah (Universitas Negeri Surabaya)
I Nengah Mariasa (Universitas Negeri Surabaya)
Warih Handayaningrum (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji musik KiaiKanjeng pada forum Maiyah dalam konteks pendidikan memalui seni dengan metode penelitian fenomenologi. Fokus analisisnya adalah konsep pendidikan melalui seni musik. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Metode tersebut digunakan untuk mengamati subjek penelitian yaitu personil KiaiKanjeng. Sedangkan data pendukung didapat dari dokumentasi pertunjukan berupa video, artikel, audio, partitur lagu dan foto. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Konsep pendidikan melalui seni musik oleh KiaiKanjeng meliputi (1) Latarbelakang konsep pendidikan melalui seni KiaiKanjeng, (2) Konsep Pendidikan (3) Aktivitas pendidikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...