Pelaksanaan akademik salah satunya merupakan Interaksi pembelajaran dosen dengan mahasiswa, yaitu sharing knowledge materi perkuliahan yang dilaksanakan. Oleh sebab itu sangat di butuhkan media pendukung pembelajaran agar perkuliahan terlaksana secara optimal. Dimasa pandemi covid-19 saat ini media digital menjadi alternative sebagai media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini menyajikan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui quisioner dan pengujian nilai kelayakan media pembelajaran digital sesuai dengan indikator kelayakan mengacu pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan untuk kuantitative diperoleh dari hasil pengujian efektifitas Efektivitas Media Pembelajaran Digital Kimia Analisa Kualitatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Kemandirian Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi farmasi universitas Efarina semester II TA. 2020/2021. Perhitungan data diperoleh dengan melakukan tes hasil kognitif mahasiswa. Data dianalisa dengan aplikasi SPSS 17.0 unuk signifikan alfa sebesar 0,05. Pengujian validasi penentuan kelayakan media pembelajaran digital diperoleh hasil: (1) Diperoleh media pembelajaran digital sesuai standar kelayakan merujuk pada Kurikulum Farmasi(2) Media pembelajaran digital hasil pengembangan susdah sesuai standard an dapat digunakan sesuai hasil standarisasi diperoleh: standar kelayakan isi sebesar 3.68, standar kelayakan bahasa sebesar 3,58, standar kelayakan penyajian sebesar 3,76, standar kegrafikaan sebesar 3,79 (3) Terdapat peningkatan yang dignifikan kemampuan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran digital. (Sig.hitung< α (0,0267 < 0,05)) (4) Terdapat hasil yang dignifikan peningkatan kreativitas mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran digital. (Sig. hitung< α (0,0176 < 0,05)).
Copyrights © 2021