JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
Vol. 3 No. 2 (2020): JEMST Vol 3 No 2 2020

Implementasi Skor Domain Dalam Penilaian Acuan Kriteria Pada Hasil Belajar Matematika Di Sekolah

Michrun Nisa Ramli (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Ali Murtadlo (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Mutu Pendidikan di sekolah berkaitan langsung dengan mutu berbagai variabel yang ada di sekolah, salah satunya adalah mutu penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana cara mengestimasi kemampuan siswa dalam menguasai suatu materi tertentu hanya dengan melihat skor siswa tersebut setelah mengerjakan sampel butir tes yang diberikan.; 2) bagaimana implementasi skor domain dalam penilaian acuan kriteria dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi guru terkait dengan keterbatasan waktu tes. Domain dikembangkan dari penilaian acuan kriteria, tujuan dasar dari penilaian acuan kriteria adalah untuk mengevaluasi kinerja siswa berdasarkan pada standar kriteria yang mencerminkan tingkat penguasaan siswa terhadap suatu wilayah konten yang spesifik, tetapi tidak untuk membandingkan siswa yang satu dengan siswa lainnya. Skor domain adalah skor yang diberikan kepada peserta tes untuk menentukan menguasai atau belum menguasai sebuah domain. Dengan menggunakan jenis penelitian expost facto, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan variansi skor domain yang diestimasi dengan metode estimasi Bayesian pada siswa yang mengerjakan butir tes dengan panjang tes yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk butir tes yang lebih banyak menghasilkan estimasi skor domain yang lebih akurat. Sehingga untuk dapat mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap suatu wilayah konten spesifik, butir yang diberikan tidak harus memiliki butir yang banyak, cukup memberikan Sebagian saja dari butir-butir tes tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jemst

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research ...