Jurnal Smart PAUD
Vol 4, No 2 (2021): Edisi Juli 2021

Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Amaludin, Roni (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)
Said, Hasmira (Unknown)
Pahenra, Pahenra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Aktualisasi potensi diri untuk mencapai puncaknya harus beriringan dengan self-efficacy. Self-efficacy minginterpretasikan seberapa kuatnya keyakinan seseorang bahwa mereka memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu, mereka bisa yakin bahwa dengan faktor-faktor lain akan membuatnya meraih sukses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Mahasiswa yang dijadikan sampel adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Statistika Pendidikan sebanyak 61 mahasiswa. Data self-efficacy dikumpulkan menggunakan angket sedangkan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Koefisien determinasi sebesar 0,099 yang berarti bahwa self-efficacy memberikan pengaruh sebesar 9.9% terhadap hasil belajar mahasiswa, sedangkan sisanya sebesar 90.1% dipengaruhi oleh faktor-faktor dari variabel yang lain. Penguatan keyakinan akan potensi diri dapat diperoleh mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan, pembiasaan, dan lain-lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

smartpaud

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...