Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 6 No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran

Made Juniantari (Unknown)
Gede Saindra Santyadiputra (Unknown)
Ni Made Rupita Widyastiti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 pada mata kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran berdasarkan model ADDIE yang memenuhi kriteria praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha. Sebelum mengetahui kepraktisan dan efektivitas media, validitas media diukur terlebih dahulu berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media yang diperoleh rata-rata skor berturut-turut 3,80 dan 3,76 tergolong katagori sangat valid. Kepraktisan media didasarkan pada rata-rata skor angket respons mahasiswa dan dosen terhadap media pembelajaran yang diperoleh secara berturut-turut adalah 3,52 dan 3,60. Sedangkan efektivitas media pembelajaran dilihat dari rata-rata skor tes hasil belajar yang diberikan dan diperoleh rata-rata skor 80,87. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...