Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kebutuhan bahan ajar membaca kritis bagi dosen dan mahasiswa, (2) produk bahan ajar membaca kritis hasil pengembangan, dan (3) efek potensial bahan ajar membaca kritis hasil pengembangan untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar berbentuk buku teks yaitu Membaca Kritis. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Jolly dan Bolitho. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Subjek dalam uji lapangan ini terdiri atas 23 orang mahasiswa. Untuk memperoleh informasi kelayakan bahan ajar, dilakukan validasi ahli berdasarkan aspek materi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Data dalam uji lapangan terbatas diperoleh melalui tes tertulis yaitu tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan hasil analisis validasi ahli, bahan ajar Membaca Kritis yang dikembangkan dapat dikategorikan baik atau layak digunakan oleh mahasiswa. Hasil tes membaca kritis oleh mahasiswa juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 47,00 menjadi 69,26 dengan nilai selisih 22,26. Dengan demikian, prototipe bahan ajar Membaca Kritis hasil pengembangan peneliti dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca kritis dan layak digunakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja.
Copyrights © 2021