Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting
Vol 1 No 2 (2021): Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting

Hakikat Pendidikan  Karakter Kemandirian bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam

Zulkhaidir Zulkhaidir (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Zahid Mubarok (Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Bogor)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Pendidikan karakter kemandirian bagi anak usia dini seharusnya mendapatkan perhatian yang serius oleh semua pihak yang peduli dengan perkembangan anak-anak usia dini. Pemerintah, Guru dan orang tua harus memahami dengan benar apa yang menjadi tujuan pendidikan karakter kemandirian bagi anak usia dini tersebut. Bagaimana metode yang digunakan sebagai pendukung agar tercapainya target agar anak tumbuh dan berkembang menjadi mandiri sesuai dengan usianya. Anak yang sehat, lingkungan fisik yang nyaman, ketersediaan permainan edukatif, keseimbangan lingkungan sosial anak, orang tua yang cakap dalam mendampingi anak dalam mencari solusi yang sedang dihadapi oleh mereka, serta orang tua yang meletakkan tujuan pendidikan yang realistis, adalah modal utama dalam mewujudkan anak-anak usia dini yang mandiri. Ajaran Islam sesungguhnya telah meletakkan dasar-dasar pendidikan anak usia dini jauh sebelum anak dilahir. Sebagai contoh seorang laki-laki dan perempuan yang ingin menikah agar memperhatikan kualitas akhlak dan agama calon mereka masing-masing. Seseorang yang memahami ajaran agama tentunya akan mencurahkan seluruh tanggung jawab terhadap Istri dan pendidikan anak-anaknya sedini mungkin, termasuk mengajarkan karakter mandiri sebagaimana yang telah dijarkan oleh Rasulullah Saw.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dawatuna

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The aim of the journal is to disseminate the communication, dakwah, broadcasting, and Islamic studies researches done by researchers. Specifically, the journal will deal with topics, including but not limited to: Broadcasting Communication Dakwah and Islamic propagation Islamic education Islamic ...