Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

The Application of The Think Talk Write Model to Improve Poetry Writing Skills in Grade III Students of SDN 1 Wonosari Academic Year 2018/2019

Cahya Hidayanti (Unknown)
Suhartono Suhartono (Unknown)
Joharman Joharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan model Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SD N 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...