Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengaruh Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Segugus Rujakbeling Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019

Febriana Setyowati (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh positif efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Rujakbeling tahun ajaran 2018/2019 dan besarnya sumbangan efikasi diri siswa kelas IV SD se-Gugus Rujakbeling tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode espost-facto. Pengambilan sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dan diambil secara acak dengan teknik sampel Proporsionate Stratified random Sampling. Pada analisis data, peneliti menggunakan aplikasi PASW versi 18. Hasil penelitian ini menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut Y = -3,054 + 0,185X yang signifikan secara statistik dengan thitung = 4.251 > ttabel = 1,982 dengan sumbangan sebesar 14,3%. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Rujakbeling. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...