Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Panjer Tahun Pelajaran 2019/2020

Chalista, Amalia (Unknown)
Suhartono, Suhartono (Unknown)
Ngatman, Ngatman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 1 Panjer. Ditemukannya permasalahan kedisiplinan belajar di SD Negeri 1 Panjer menarik peneliti untuk menganalisis kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Panjer. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran kedisiplinan belajar beserta faktor-faktornya, mendeskripsikan upaya dan kendala penanaman kedisiplinan belajar serta pelaksanaan kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Panjer. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Panjer berjalan dengan kurang baik karena masih ditemukan pelanggaran kedisiplinan belajar. Faktor utamanya adalah faktor keluarga. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberi tahu siswa untuk menaati tata tertib sekolah. Kendala utamanya yaitu peraturan yang dibuat dilanggar siswa. Simpulan penelitian ini yaitu kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Panjer belum berjalan dengan baik karena ditemukannya pelanggaran kedisiplinan belajar yang disebabkan oleh beberapa faktor, pihak sekolah telah mengupayakan penanaman kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi walaupun masih ada kendala yang dialami.Kata kunci: disiplin, belajar, siswa kelas tinggi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...