Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inquiry Terbimbing pada Kelas V SDN Kaliwungu Tahun Ajaran 2017 / 2018

Utomo, Cahyo Warso (Unknown)
Suryandari, Kartika Chrysti (Unknown)
Chamdani, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Inquiry terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 23 siswa kelas V SDN Kaliwungu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry terbimbing dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPA. Dibuktikan dengan meningkatnya presentase motivasi siswa sebesar 75,6% pada siklus I, meningkat menjadi 86,32% pada siklus II, dan 90,35% pada siklus III. Peningkatan motivasi tersebut menyebabkan siswa lebih semangat dalam belajar dan lebih antusias. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inquiry terbimbing dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Kaliwungu tahun ajaran 2017/2018. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...