Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

The Application of Team-Assisted Individualization (TAI) Type with Multimedia in Improving Social Science Learning about Types of Jobs in Grade III Students of SD Negeri 1 Tamanwinangun in Academic Year 2018/2019

Kartika Tunggal Dewi (Unknown)
Ngatman Ngatman (Unknown)
Joharman Joharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan langkah-langkah untuk menerapkan model pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) dan meningkatkan pembelajaran ilmu sosial tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, triangulasi sumber, dan validitas isi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III yang diketahui melalui peningkatan persentase rata-rata ketuntasan siswa sebesar 60,71% pada siklus pertama, 76,78% pada siklus II, dan 89,28% pada siklus III.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...