Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Kegiatan Jual Beli pada Siswa Kelas III SDN 2 Tanahsari Tahun Ajaran 2018/2019

Rizki Aulia (Unknown)
Ngatman Ngatman (Unknown)
Ratna Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan penerapan model role playing dengan media audio visual, meningkatkan pembelajaran IPS melalui model role playing dengan media audio visual, dan mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model role playing dengan media audio visual. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 2 Tanahsari. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model role playing dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Kendala yang muncul dalam penerapan model role playing dengan media audio visual yaitu siswa belum menjiwai karakter peran yang dimainkan dengan baik.  Adapun solusi yang diberikan peneliti yaitu siswa diberikan motivasi oleh guru agar berani berekspresi, berani, dan lebih percaya diri saat memainkan drama

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...