INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 6, No 2 (2017): INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA

PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA ALAT PENDENGARAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMBUNGMACAN

Yudi Martana (Unknown)
Baskoro Adi Prayitno (Unknown)
Widha Sunarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik  modul  IPA terpadu berbasis  inkuiri terbimbing  untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan tema alat pendengaran manusia dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa di SMP; 2) mengetahui kelayakan  modul IPA terpadu untuk meningkatkan keterampilan proses sains  siswa; 3) mengetahui keefektifan modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains  siswa. Penelitian pengembangan modul IPA terpadu ini menggunakan prosedur Borg and Gall dimodifikasi terdiri 7 tahap. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) pengembangan modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema alat pendengaran manusia yang telah dikembangkan  memiliki karakteristik: a) modul yang utuh, berdiri sendiri; b) materi IPA terpadu bersifat  holistik, bermakna,  dan aktif dengan aktivitas modul berupa sintaks pembelajaran  inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains. 2)  modul IPA terpadu  yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada tema alat pendengaran manusia. Kelayakan modul IPA terpadu berdasarkan penilaian dari ahli, praktisi, dan respon siswa yang secara keseluruhan memberikan kategori sangat baik pada produk pengembangan, 3) Modul IPA terpadu yang dikembangkan  efektif meningkatkan keterampilan proses sains (sig. 0,000) dan hasil belajar kognitif (sig. 0,000). Besarnya peningkatan dilihat dari gain score keterampilan proses sains siswa 0,38 (sedang) dan gain score hasil belajar kognitif 0,42 (sedang).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

inkuiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

INKUIRI Jurnal Pendidikan IPAis a peer-reviewed open-access journal. The journal disseminates papers written based on the results of study and review of literature in the sphere of natural sciences education, biology education, physics education, and chemistry education in primary, secondary, and ...