BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Binomial

PENGARUH PENGGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DAN MEDIA POWER POINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Ana Safitri Syam (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Wahyuni Ismail (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ahmad Ali (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2021

Abstract

Indonesia mengalami perubahan yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Hal ini disebabkan adanya wabah virus Covid-19 sehingga menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan secara online yang pada akhirnya mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dan media Power Point pada materi virus kelas X IPA SMA Negeri 2 Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen. Desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian yakni kelas eksperimen 1 (X IPA 2) sebanyak 25 peserta didik dan kelas eksperimen 2 (X IPA 3) sebanyak 25 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Augmented Reality sebesar 65,76% sedangkan rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Power Point sebesar 58,12%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan (0,004 < 0,05) menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Augmented Reality dan media Power Point pada materi virus kelas X IPA SMA Negeri 2 Jeneponto.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...