JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 22, No 2 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU

Analisis Materi Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal dan Semangat Interpreneurship Siswa

Rizka Rizka (Universitas Serambi Mekkah)
Nurfiani Syamsuddin (Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)
Fahmi Arfan (Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)
Abubakar Abubakar (Unknown)
Jailani Jailani (Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)
Anwar Anwar (Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)
Sakdiyah Sakdiyah (Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana hubungan materi pembelajaran kewirausahaan  terhadap semangat kewirausahaan siswa. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk  kendala-kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan semangat interpreneurship siswa  pada tingkat SMP Negeri Kota Banda Aceh. Untuk memperoleh hasil yang maksimal penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur kualitas materi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap semangat siswa setelah mengikuti pelajaran dengan menggunaka skala likert. Sedangkan pendekatan kualitattif digunakan untuk menemukan data-data yang akurat, tentang kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan semangat kewirausahaan pada siswa.  Mengingat jumlah populasi cukup banyak, maka data diambil dari 6 SMP negeri saja dengan total populasi 1400 orang, sampel diambil menggunakan sistem teknik cluster dan purposive sampling. sesuai dengan rumus  yang ditentukan  maka jumlah sumber data siswa 149 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pembelajaran materi kewirausahaan dengan semangat inteprineurship  siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh dengan kualitas materi katagori baik. Kendala utama yang dihadapi adalah minimnya waktu untuk pembelajaran kewirausahaan, Perlu ada kejelasan materi pembelajaran dan keseragaman pemahaman pada seluruh guru dan perlu adanya mata pelajaran khusus untuk kewirausahaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...