Literasi dan numerasi keluarga merupakan salah satu langkah preventif menyiapkan sumber daya manusia yang kompetitif di masa depan, sehingga diharapkan setiap orang tua mulai belajar memahami dan mempelajari berbagai hal atau aktivitas dalam mendukung kemampuan literasi dan numerasi anak sejak dini. Kajian literatur ini bertujuan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai perkembangan literasi dan numerasi keluarga. Kajian literatur yang dilakukan melalui berbagai hasil penelitian terdahulu dan kajian teori dari berbagai sumber memberikan gambaran miskonsepsi dan praktik baik literasi dan numerasi di lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil kajian literatur yang dilakukan terdapat tiga miskonsepsi yang terjadi, diantaranya: (1) pemahaman bahwa literasi dan numerasi menjadi tanggung jawab sekolah, bukan keluarga; (2) miskonsepsi mengenai tidak potensialnya rumah sebagai sumber pembelajaran literasi dan numerasi; (3) miskonsepsi mengenai implementasi rutinitas literasi dan numerasi di rumah dengan meminta anak rutin membaca untuk durasi waktu tertentu. Hasil penelitian ini juga menggambarkan berbagai praktik baik yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak dan diharapkan berimplikasi terhadap kesadaran orang tua dalam mengembangkan berbagai aktivitas literasi dan numerasi di lingkungan keluarga
Copyrights © 2021