Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 1 No. 3 (2021): September-Desember 2021

PENGARUH MINAT DAN PENGETAHUAN TEORI TERHADAP KOMPETENSI MENULIS BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA

Asniati Asniati (Unknown)
Abd Rahman Rahim (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Andi Sukri Syamsuri (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh, menganalisis, dan mendeskripsikan data mengenai (1) Pengaruh minat menulis terhadap kompetensi menulis bahan ajar bahasa Indonesia guru SD IT AL Ishlah Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, (2) Pengaruh pengetahuan teori bahan ajar terhadap kompetensi menulis bahan ajar bahasa Indonesia guru SD IT AL Ishlah Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, (3) Pengaruh secara bersama minat menulis dan pengetahuan teori bahan ajar terhadap kompetensi menulis bahan ajar bahasa Indonesia guru SD IT AL Ishlah Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan teknik korelatif. Adapun populasi penelitian adalah seluruh guru guru SD IT AL Ishlah Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 24 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan antara pengetahuan teori bahan ajar terhadap kompetensi menulis bahan ajar bahasa Indonesia SD IT AL Ishlah Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, dengan besar pengaruh 59,70%, (2) Terdapat pengaruh signifikan antara minat menulis bahan ajar terhadap kompetensi menulis bahan ajar bahasa Indonesia SD IT AL Ishlah Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros dengan besar pengaruh 55,29%. (3) Terdapat pengaruh signifikans secara bersam-sama pengetahuan teori bahan ajar dan minat menulis bahan ajar terhadap kompetensi menulis bahan ajar bahasa Indonesia SD IT AL Ishlah Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros dengan besar pengaruh 59,66%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...