Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 2 (2021): May 2021

Hubungan Antara Respon Siswa Dalam Pembelajaran Atas Motivasi Belajar Kelas IV Sekolah Dasar

Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Ika Widiastuti (Universitas Krisnadwipayana)
Pandu Adi Cakranegara (Universitas Presiden)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara respon peserta didik dalam pembelajaran atas motivasi belajar siswa kelas 4 SD. Penelitian dilaksanakan di SDI Perumnas 2 Kota Kupang. Memanfaatkan metode non eksperimen. Spesime meliputi 20 peserta kelas IV SDI Perumnas 2 Kota Kupang. Instrumen penelitian berupa kuesioner/angket sebanyak 20 soal dengan empat pilihan jawaban. Hubungan antara respon siswa dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa adalah terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan mana t hitung: 18,184 > t tabel: 2,021, sehingga Ha di terima yaitu “terdapat hubungan yang signifikan antara respon siswa dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDI Perumnas 2 Kota Kupang”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...