Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 2 (2021): May 2021

Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Darmawan Harefa (STKIP Nias Selatan)
Hestu Tansil La'ia (STKIP Nias Selatan)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio video terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di desa Hiliganowo  yang berjumlah 23 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test sampel related untuk menguji hipotesis. Penelitian menunjukkan dengan penggunaan media pembelajaran audio video siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi yang disampaikan, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,516 > 1,721). Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio video mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...