EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Evaluasi Pemanfaatan E-Learning pada Pembelajaran Teori di Prodi Kebidanan Fakultas Kedokteran Undiksha

Ni Ketut Erawati (Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia)
Made Juliani (Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia)
Ni Wayan Dewi Tarini (Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan pembelajaran teori berbasis e-learning di Prodi Kebidanan Undiksha dengan menggunakan model evaluasi Contex, Input, Process dan Product (CIPP). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data secara deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa yang berjumlah 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning pada komponen context pada indicator tujuan, kebutuhan dan lingkungan pendukung  berada pada kategori baik dengan rerata persentase sebesar 62.1%. Pada komponen input yang terdiri dari indikator latar belakang pendidik, mahasiswa, ketersediaan sarana prasarana dan ketersediaan perangkat pembelajaran juga berada pada kategori baik dengan rerata persentase adalah 59.6%. Begitu pula halnya pada komponen process pada indikator pelaksanaan pembelajaran, aktivitas pendidik dan mahasiswa, kendala dan hambatan serta solusi yang ditempuh berada pada kategori baik dengan rerata persentase sebesar 63.75%. Komponen product yang meliputi hasil pembelajaran dan dampak juga berada pada  kategori baik dengan rerata persentase 63.77%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaan teori dengan menggunakan e-learning di Prodi Kebidanan Undiksha secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik artinya pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran dapat dilanjutkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...