EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Painan

Devi Edriani (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia)
Harmelia Harmelia (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia)
Dessyta Gumanti (Universitas Eka Sakti Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat pengaruh minat dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa jurusan akuntansi di SMK N 1 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK N 1 Painan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 301 orang, jumlah sampelnya 162 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proporsional random sampling. Sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder, data primer berupa angket yang dijalankan terhadap responden, sedangkan  data sekunder  yaitu tentang hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil  dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskkriptif dan analisis induktif, yaitu uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji multikolinearitas, analisis data menggunakan analisis regresi berganda serta uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Minat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa 2) Kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa  3) Minat dan kemandirian belajar  berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...