EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Membangun Inovasi Organisasi: Antara Kepemimpinan Transformasional dan Proses Manajemen Pengetahuan

Dhaniel Hutagalung (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Dewiana Novitasari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Nelson Silitonga (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Masduki Asbari (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)
Nana Supiana (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Faktor kelemahan praktik leadership dan learning disebutkan sebagai di antara faktor penghambat kinerja inovasi organisasi. Mengingat masalah ini, penelitian ini mencoba untuk menyelidiki praktik dan efek kepemimpinan transformasional terhadap proses manajemen pengetahuan, dan juga pengaruh implementasi proses manajemen pengetahuan (dengan dimensi knowledge acquisition, knowledge dissemination, dan knowledge application) terhadap kinerja inovasi di industry manufaktur. Pendekatan Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari 117 karyawan dari salah satu perusahaan manufaktur di Tangerang Indonesia. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ketiga dimensi proses manajemen pengetahuan dan kinerja inovasi organisasi. Walaupun demikian, penelitian ini menemukan fakta bahwa di antara ketiga dimensi proses manajemen pengetahuan, hanya aplikasi pengetahuan yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja inovasi organisasi. Dari perspektif teoritis, hasil penelitian ini memberikan bukti empiris tentang peran positif dan signifikan dari praktik kepemimpinan transformasional untuk meningkatkan kinerja inovasi perusahaan manufaktur. Sedangkan, dari perspektif manajerial, hasil penelitian ini memberikan gambaran pengambil keputusan di perusahaan manufaktur dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana praktik kepemimpinan transformasional dan memperbaiki proses manajemen pengetahuan. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...