Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementassi model flipped classroom pada pembelajaran kimia jarak jauh untuk materi aplikasi sel volta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatf yang melibatkan 1 orang guru dan 36 siswa kelas XII yang mengikuti pembelajaran kimia jarak jauh. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengamati keberjalanan proses pembelajaran aplikasi sel volta dengan model flipped classroom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model flipped classroom dalam pembelajaran kimia jarak jauh terdiri dari 3 tahap yaitu tahap before class, during class, dan after class dengan memadukan aktivitias sinkron dan asinkron. 2) pada tahap before class, siswa belajar secara mandiri melalui video pembelajaran dengan pertanyaan pra pembelajaran sebagai penuntun. 3) pada tahap during class dilaksanakan pembelajaran secara sinkron melalui zoom meeting untuk membahas konsep aplikasi sel volta dengan konteks tertentu. 4) pada tahap after class, pembelajaran dilakukan secara asinkron dengan memberikan proyek perancangan alat penghasil energi listrik yang menerapkan konsep aplikasi sel volta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model flipped classroom bisa menjadi alternatif model pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid 19.
Copyrights © 2021