Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan teknik permainan bingo dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang, (2) mengetahui respon siswa terhadap permainan tersebut. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes, angket dan wawancara.. Hasil penelitian menunjukkan (1) berdasarkan hasil tes pada Siklus I, skor tertinggi yang diperoleh adalah 92 dan terendah 42 dari skala 100 dengan rata-rata 72. Berdasarkan hasil tes pada siklus II, skor tertinggi adalah 100 dan terendah 75 dengan rata-rata 89. Sesuai dengan KKM sekolah (75) subjek penelitian mencapai ketuntasan 100% pada akhir siklus II sehingga permainan bingo terbukti dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Sukasada, (2) berdasarkan hasil angket dan wawancara, respon siswa terhadap permainan bingo yaitu, siswa merasa senang terhadap penggunaan permainan bingo dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang.Kata Kunci : kosakata bahasa Jepang, permainan bingo ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ï¼ˆ1)日本語ã®èªžå½™å¦ç¿’ã«ã‚ã‘るビンゴã®ä½¿ç”¨çжæ³ã€ï¼ˆ2)ã“ã®æ–¹æ³•を使用ã—ãŸå ´åˆã®å¦ç¿’者ã®å応を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯2013年度スカサダ国立第一高ç‰å¦æ ¡10å¹´5組ã®19åã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯å®Ÿè·µç ”ç©¶ã§ã‚る。データã¯ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒˆã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ユーã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ãŸã€‚調査ã®çµæžœã¯ï¼ˆ1)一周期終了時ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®æœ€é«˜ç‚¹ã¯92点最低点ã¯42点ã€å¹³å‡ç‚¹ã¯72点ã§ã‚ã£ãŸã€‚二周期終了時ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®æœ€é«˜ç‚¹ã¯100ç‚¹ã€æœ€ä½Žç‚¹ã¯75点ã€å¹³å‡ç‚¹ã¯89点ã§ã‚ã£ãŸã€‚å½“æ ¡ã®æœ€ä½ŽåŸºæº–点ãŒ75点ã§ã‚ã‚‹ã“ã¨ã«å¯¾ã—100ï¼…ã®å¦ç¿’者ãŒäºŒå‘¨æœŸçµ‚了ã¾ã§ã«ã‚¯ãƒªã‚¢ã™ã‚‹ã“ã¨ãŒã§ããŸã€‚ã“れã¯ãƒ“ンゴを使用ã™ã‚‹ã“ã¨ã§åŒæ ¡ã®å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžèªžå½™åŠ›ã‚’å‘上ã•ã›ã‚‹ã®ã«æœ‰åйã§ã‚ã‚‹ã“ã¨ãŒè¨¼æ˜Žã§ããŸã€‚(2)アンケトã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ユーã®çµæžœåŒæ ¡å¦ç¿’者ã®ãƒ“ンゴ使用ã«å¯¾ã™ã‚‹åå¿œã¯æ¥½ã—ãå¦ç¿’ã§ãã€æ—¥æœ¬èªžèªžå½™åŠ›ã‚’å¢—ã‚„ã™åŠ©ã‘ã¨ãªã£ãŸã¨ã„ã†ã‚‚ã®ã ã£ãŸã€‚keyword : 日本語語彙ã€ãƒ“ンゴ
Copyrights © 2015