Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 7, No 2 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA BERBASIS KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KEARIFAN LOKAL KALIMANTAN BARAT

Matsun Matsun (Unknown)
Ira Nofita Sari (Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak)
Boisandi Boisandi (Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar fisika berbasis karakter dengan pendekaatan kearifan local Kalimantan Barat yang memenuhi indicator valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D, dengan pendekanatan four D. Tahapan pengembangan terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi terbatas. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang validator dan 75 orang siswa SMA kelas X pada tahun ajaran 2019/2020. Penentuan kriteria kevalidan menggunakan uji indeks Aiken V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria kevalidan komponen penyajian buku ajar, kelayakan isi dan kebahasaan buku ajar telah memenuhi kriteria validitas tinggi dengan rata-rata indeks V = 0,96, sehingga secara keseluruhan disimpulkan buku ajar fisika berbasis karakter dengan pendekaatan kearifan local Kalimantan Barat memenuhi indicator valid telah memenuhi kriteria valid dengan kategori validitas tinggi. Tingkat kepraktisan buku ajar menunjukkan bahwa 60,53% dari jumlah keseluruhan mahasiswa memberikan respon sangat positif terhadap buku ajar dan 67,52% siswa sangat aktif saat menggunakan buku ajar, sehingga buku ajar yang dikembangkan dinyatakan praktis.  Tingkat keefektifan modul menunjukkan bahwa 81% dari siswa memiliki nilai  hasil belajar lebih tinggi dari nilai ketuntasan (75) setelah menggunakan buku ajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar fisika berbasis karakter dengan pendekaatan kearifan local Kalimantan Bara  telah memenuhi kriteria efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...