Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 2 (2022)

Persepsi Guru RA Ali Mahfudz tentang Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Candra Wijaya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Toni Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Muamar Al Qadri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Ahmad Fuadi (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura)
Khairul Anwar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Kebijakan sertifikasi merupakan “angin segar” bagi kesejahteraan para guru, baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga honorer mulai jenjang RA/TK hingga SLTA sederajat. Begitupun, penetapan kebijakan ini tidak serta-merta menjamin dan mengubah secara signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Tulisan ini menganalisa persepsi guru tentang kebijakan sertifikasi guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Fokus pembahasan penelitian ini yaitu bagaimana persepsi guru RA Ali Mahfudz tentang kebijakan sertifikasi guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study), adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kebijakan sertifikasi guru memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan, hal ini didasarkan pada tujuan utama kebijakan ini sebagai upaya (a) men-sejahterakan guru, (b) melatih keterampilan guru, (c) meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru. Begitupun, (2) terdapat beberapa permasalahan di lapangan, yaitu (a) orientasi guru terhadap kesejahteraan hidup semata; dan (b) mengajar sebatas kewajiban.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...