EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 13, No 2: July 2021

PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Sri Rahayu (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Iskandar Ladamay (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Nurul Ulfatin (Universitas Negeri Malang)
Farida Nur Kumala (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Siti Aminatun Watora (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar LKPD Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa Kelas Tinggi dan menguji kelayakan, kepraktisan dan kemenarikan bahan ajar LKPD Elektronik tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D dengan empat tahapan yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Angket tediri dari ahli materi, ahli media,ahli bahasa, praktisi (guru) dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah LKPD Elektronik memperoleh skor 83,4% dengan kategori menarik. Berdasarkan paparan dari hasil penilaian diatas bahan ajar LKPD Elektronik dikategorikan Sangat Layak dan Sangat Baik digunakan di lapangan. Hasil pengembangan bahan ajar LKPD Elektronik dapat dijadikan referensi sebagai bahan ajar pendamping pada saat kegiatan belajar mengajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eduhumaniora

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Eduhumaniora is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to elementary education fields. For research category, articles can be written using ...