JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Vol 7, No 1 (2021)

Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik

Riza Umami (Unknown)
M Rusdi (Unknown)
Kamid Kamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Produk Instrumen Tes untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berorientasi Programme for International Student Assesment (PISA) pada Peserta Didik yang berkategori layak digunakan. Produk yang dihasilkan meliputi dimensi kognitif, yakni instrumen tes essai berupa butir soal HOTS berorientasi PISA yang mencakup C4, C5, dan C6 dalam taxonomi Anderson dan Kartwohl dan dimensi afektif dan psikomotor berupa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan Research and Development (RD) menggunakan langkah pengembangan dari ADDIE  yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996) yang diadopsi oleh Mulyatiningsih yang mencakup 5 langkah, yakni Analisis, Desain Pengembangan, Pelaksanaan Pengembangan, Penerapan dan Evaluasi . Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli, dihasilkan instrumen tes untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berorientasi Programme for International Student Assesment (PISA) pada Peserta Didik. Prosedur penggunaan instrumen tes dikatakan mudah dan baik berdasarkan hasil validasi oleh praktisi dan hasil uji coba perorangan, dampak dari penggunaan instrumen tes ini dapat membuat peserta didik menjadi lebih berwawasan luas serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kata Kunci: Research and Development (RD); instrumen tes; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Programme for International Student Assesment (PISA).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Matematika), dengan ISSN 2460-8599 (print) dan ISSN 2581-2807 (online), adalah jurnal peer-review yang dipublikasikan dua kali setahun (April-September, dan Oktober-Maret) oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ...