DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 5, No 2 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Sri Adhi Endaryati (Universitas Negeri Sebelasmaret)
Idam Ragil Widianto Atmojo (Universitas Sebelas Maret)
St. Y. Slamet (Unknown)
Kartika Chrysti Suryandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Pendidikan abad 21 diharapkan menghasilkan sumber daya manusia  cakap keterampilan abad 21. Guru harus mengintegrasikan informasi teknologi sarana untuk membantu belajar peserta dengan bahan ajar, metode, dan media pengajaran  berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan E-Modul Flipbook berbasis PBL untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPA sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif  . Data dan sumber data diambil dari wawancara dan angket untuk guru. Kemudian, data dianalisis dengan analisis interaktf Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul Flipbook berbasis PBL dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPA sekolah dasar sebagai inovasi media digital abad 21. E-modul berbasis Flipbook sebagai media pembelajaran yang dipadukan teks, narasi, video, soal latihan dan integrasi dengan model pembelajaran. E-modul Flipbook berbasis PBL sebagai solusi efektif pembelajaran IPA abad 21 sesuai dengan karakter materi dan gaya belajar peserta didik abad 21 sebagai digital native.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...