Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 2, No 1 (2019): 4th National Seminar on Educational Innovation (SNIP 2019)

Implementasi Scientific Approach Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik di SD Negeri Dukuh Nanggulan

Utaminingtyas, Siwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2019

Abstract

Pendidikan karakter terus diupayakan, melihat situasi masyarakat bahkan situasi dunia pendidikan di Indonesia menjadi motivasi pokok pengutamaan (mainstreamming) implementasi pendidikan karakter. Pendidikan karakter di Indonesia dirasakan sangat perlu pengembangannya bila melihat krisis moral yang dialami masyarakat Indonesia. Inilah yang diupayakan oleh Pemerintah, mengubah pandangan bahwa pendidikan bukan hanya sebatas memperoleh nilai ataupun peringkat, namun perlu adanya penguatan sebuah karakter pada peserta didik terutama di bangku Sekolah Dasar. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah adalah pembaharuan kurikulum, yaitu Kurikulum 2013. Melalui implementasi kurikulum 2013 yang berbasis karakter dengan Scientific Approach (pendekatan ilmiah) yang dirancang dalam semua komponen pembelajaran diharapkan mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya yang didapat dari pembelajaran di kelas, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...