JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Pemahaman Guru Terhadap Metode Market Place Activity Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS

Sapari, Muhammad Dadang (Unknown)
Sunarya, Dede Tatang (Unknown)
Hanifah, Nurdinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap metode market place activity dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Desain dari penelitian ini yaitu desain pembagian silang (cross sectional design). Subjek penelitian ini adalah guru SD yang berada di Kecamatan Sumedang Utara yang berjumlah 24 guru. Penelitian ini dilakukan di 5 Sekolah Dasar di Kecamatan Sumedang Utara, diantaranya SDN Jatihurip, SDN Sindangraja, SDN Tegalkalong, SDN Cilengkrang, dan SDN Karapyak I. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner atau angket berupa soal pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1 guru atau sebesar 4,2 % dari subjek penelitian memiliki tingkat pemahaman “sangat tinggi”, terdapat 13 guru atau sebesar 54,2 % dari subjek penelitian memiliki tingkat pemahaman “tinggi”, terdapat 3 guru atau sebesar 12,5 % dari subjek penelitian memiliki tingkat pemahaman “sedang”, terdapat 5 guru atau sebesar 20,8 % dari subjek penelitian memiliki tingkat pemahaman “rendah”, dan terdapat 2 guru atau sebesar 8,3% dari subjek penelitian memiliki tingkat pemahaman “sangat rendah”. Berdasarkan data penelitian, nilai rata-rata dari penelitian ini yaitu 13,42 dengan nilai maksimal sebesar 20. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru SD di Kecamatan Sumedang Utara memilki pemahaman yang cukup terhadap metode market place activity dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...