JPI
Vol 3, No 1 (2019)

Penerapan Metode SQ5R dan Permainan Ular Tangga Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas II SDN Cieunteung Kabupaten Sumedang Pada Keterampilan Membaca Teks Dongeng)

Amalia, N. Yuniar Rizki Siti (Unknown)
Sunarya, Dede Tatang (Unknown)
Nuraeni, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II SDN Cieunteung mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman teks dongeng. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode SQ5R dan permainan ular tangga gambar. Penelitian didasari oleh teori metode pembelajaran SQ5R, permainan ular tangga gambar, dan keterampilan membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan penelitian, perencanaan kinerja guru pada siklus I mencapai 80,4%, siklus II mencapai 90,2%, dan siklus III mencapai 100%. Pelaksanaan kinerja guru pada siklus I mencapai 73,7%, siklus II mencapai 84,2%, dan siklus III mencapai 96,5%. Aktivitas siswa siklus I mencapai 13,6%, pada siklus II mencapai 45,5%, dan pada siklus III mencapai 86,4%.  Selanjutnya untuk hasil belajar siswa, pada siklus I mencapai 45,5%, siklus II mencapai 68,2%, dan siklus III mencapai 90,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ5R dan Permainan Ular Tangga Gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN Cieunteung dalam membaca pemahaman teks dongeng. 

Copyrights © 2019






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...