JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Penerapan Model CIRC Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Hasil Belajar IPS

Utami, Siska Sri (Unknown)
Kurnia, Dadang (Unknown)
Djuanda, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan hambatan dalam meningkatkan interaksi sosial dan hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe CIRC. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN I Tonjong Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitian tindakan level 1 yang memiliki ciri meneliti tanpa menguji hanya memberikan hipotesis tindakan. Subjek penelitian ini guru dan siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuisioner/angket, dan Focus  Group Discussion. Untuk validasi data yang digunakan yaitu member check, triangulasi, dan expert opinion. Hasil dari penelitian ini memperoleh tindakan bahwa jika pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi maka interaksi sosial dan hasil belajar siswa akan meningkat. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil perolehan data penelitian dari observasi yang mendapat presentasi keberhasilan yaitu 95,8%, jawaban positif pada angket dan wawancara dan diperkuat dengan studi literatur dan focus group discussion. Dengan melanjutkan penelitian tindakan level 1 pada level selanjutnya. Akan lebih baik jika menggunakan sampel yang lebih banyak lagi supaya dapat mengetahui sejauh mana keefektifan dari penerapan model kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan interaksi sosial dan hasil belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...