JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Hambatan Belajar Ontogeni pada Pembelajaran Tematik

Rahmi, Nadya Izdamia (Unknown)
Isrokatun, Isrokatun (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Pembelajaran tematik di kelas rendah memiliki banyak masalah. Ciri-ciri kelas rendah adalah siswa yang memiliki gangguan psikologis atau belum mampu menguasai keterampilan dasar, seperti membaca, menulis, dan berhitung. Ini berbanding terbalik dengan tuntutan kurikulum 2013 yang mengharuskan siswa untuk menguasai aspek kognitif, psikomotor, dan pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hambatan belajar siswa ontogeni. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain DDR (Didactical Design Reseach). Teknik pengumpulan data adalah tes, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 jenis hambatan untuk ontogeni pembelajaran psikologis dan instrumental yaitu siswa memiliki kepercayaan diri yang rendah, kepercayaan diri yang berlebihan, minat belajar yang rendah, dan tidak mampu membaca dan menulis.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...