Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dalam menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada materi letak geografis Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan desain penelitian tindakan level 1. Melalui hasil analisis penelitian tindakan level 1, berhasil merumuskan hipotesis tindakan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis memperlihatkan jika penggunaan media pembelajaran berbasis ICT digunakan di SDN 2 Kempek pada materi letak geografis Indonesia, maka dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Dilihat dari perencanaan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media ICT menunjukkan hasil yang baik. Begitu pun dengan pelaksanaan pembelajaran menggunakan langkah-langkah tersebut menunjukkan deksripsi penggunaan dari media ICT sangat mudah diaplikasikan bagi peserta didik. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020