Penelitian ini bertujuan menguraikan konsep berpikir logis yang terkandung di dalam batang tubuh buku siswa, konsep berpikir logis yang akan di analisis meliputi aspek dasar pemikiran, kemampuan argumen, dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, dan teknik mencatat. Sampel dalam penelitian ini yakni buku siswa kelas V tema 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Pengumpulan data dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan grafik persentase kemunculan konsep berpikir logis pada masing-masing Sub tema. Dengan penelitian yang telah dilakukan mengenai konsep berpikir logis di dalam buku siswa dapat ditarik kesimpulan, bahwa kemunculan konsep berpikir logis di dalam buku siswa ditandai dengan beberapa kegiatan/ikon di dalam buku siswa telah sesuai ke dalam 3 aspek berpikir logis, artinya buku siswa telah memfasilitasi kemampuan konsep berpikir logis. Saran penelitian ini diharapkan buku siswa dapat memberikan pertanyaan untuk menguji argumen/pendapat siswa.
Copyrights © 2020