Indonesian Journal of Networking and Security - IJNS
Vol 8, No 5 (2019): IJNS Desember 2019

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN KOPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Ibnu Alfarobi (Universitas Bina Sarana Informatika)
Taransa Agasya Tutupoly (STMIK Nusa Mandiri Jakarta)
Mahmud Safudin (Universitas Bina Sarana Informatika)
Sofian Wira Hadi (Universitas Bina Sarana Informatika)
Muhamad Satrio Zulqistan Rusdi (Universitas Bina Sarana Informatika)
Fachmi Andriansyah (Universitas Bina Sarana Informatika)
Fandy Fandy (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2020

Abstract

Abstract Business competition between coffee shops in Tangerang is getting stronger as the number of coffee shops in Tangerang increases. So, to survive in this competition, coffee shops are required to have their own characteristics and provide unique services to make it more memorable and enjoyable. In the design of the desktop program ordering Mororgana coffee shop using the waterfall method which consists of analysis, design, coding and testing and entity relationship diagrams in designing databases. The results of this study are allowing customers to view and order menus independently. Customers can order directly without going through a waiter and automatically provide notification to the barista to print the order form. Employees can use the report feature when the owner requests a sales report based on a certain period so that management performance becomes efficient. Keywords: waterfall, information system, ordering program Abstrak Persaingan bisnis antara coffee shop di Tangerang semakin kuat seiring bertambahnya jumlah coffee shop di tangerang. Jadi, untuk tetap bertahan di kompetisi ini, coffe shop dituntut untuk memiliki ciri khas sendiri dan memberikan pelayanan yang unik untuk membuatnya lebih berkesan dan menyenangkan.Dalam perancangan program desktop pemesanan kedai kopi morgana menggunakan metode waterfall yang terdiri dari analisis, desain, pengkodean dan pengujian serta entity relationship diagram dalam merancang database. Hasil dari penelitian ini adalah memungkinkan pelanggan untuk melihat dan memesan menu secara mandiri. Pelanggan dapat memesan langsung tanpa melalui pelayan dan secara otomatis menyediakan pemberitahuan ke barista untuk mencetak formulir pemesanan. Pegawai dapat menggunakan fitur laporan saat pemilik meminta laporan penjualan didasarkan pada periode tertentu sehingga kinerja manajemen menjadi efisien. Kata kunci: waterfall, sistem informasi, program pemesanan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijns

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS) adalah majalah ilmiah yang digunakan untuk mempublikasikan riset yang berkenaan dengan Jaringan, Mobile Programming, Keamanan Sistem untuk guru, dosen, praktisi atau siapapun yang melakukan riset agar bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan hasilnya ...