Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika
Vol. 4 No. 1: March 2020

Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami

N. Nuraeni (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIPP, Universitas Pendidikan Mandalika, Jl. Pemuda No. 59A, Mataram, 83125)
M. Mujiburrahman (Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIPP, Universitas Pendidikan Mandalika, Jl. Pemuda No. 59A, Mataram, 83125)
Rudi Hariawan (Program Studi Administras Pendidikan FIPP, Universitas Pendidikan Mandalika, Jl. Pemuda No. 59A, Mataram, 83125)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memeberikan deskripsi tentang (1) Penangan manajemen bencana gempa bumi dan tsunami yang baik, dan (2) mitigasi bencana melaui pendidikan anak dini dengan menggunakan pendekatan pembelajaran model PURINA. Analisis data menggunakan studi pustka yang telah tersedia dari berbagai literature cetak dan online. Hasil studi menyimpulkan bahwa; (1) manajemen bencana yang baik dapat dilakukan dengan tiga tahap, yaitu; tahap planning pra-bencana, dimaksudkan untuk meningkatkan kesiap-siagaan aturan, alat, fisik dan mental masyarakat terdampak; tahap implementation saat peristiwa terjadi,  damkasudkan untuk melakukan penyelamatan sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan; dan tahap recovery pasca-bencana, dimaksudkan untuk melakukan pemulihan fisik dan mental masyarakat terdampak; (2) Penguatan manajemen bencana melaui pendidikan sejak dini dalam bentuk penerapan kurikulum pembelajaran kebencanaan di tingkat satuan PAUD.Disaster Mitigation Management in Early Childhood Education Units for Disaster and Earthquake Disaster Risk ReductionAbstractThis article aims to provide a description of (1) Good management of earthquake and tsunami disasters, and (2)  disaster mitigation through early childhood education using the PURINA model learning approach.  Data analysis using literature studies that have been available from various printed and online literature.  The study results concluded that; (1) good disaster management can be done in three stages, namely; pre-disaster planning stage, intended to improve the preparedness of the rules, tools, physical and mental impact of the affected community;  implementation phase when the event occurs, damkudkan to rescue in accordance with established operational standards;  and the post-disaster recovery stage, intended to carry out physical and mental recovery of the affected community; and (2) Strengthening disaster management through early education in the form of implementing disaster learning curriculum at the level of early childhood education units.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

e-Saintika

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika was published by Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM) which contains articles that are based on the results of conceptual research and studies in the field of education such as (1) Assessment and Evaluation; (2) Higher ...