JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu

Peran Media Sosial dalam Menunjang Kinerja dan Popularitas Institusi Perguruan Tinggi

Hafidhah Hafidhah (Universitas Wiraraja)
Mohammad Herli (Universitas Wiraraja)
Miftahol Arifin (Universitas Wiraraja)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Media sosial telah menjadi perhatian bagi semua orang termasuk akademisi, terutama karena fleksibilitas nya sebagai alat komunikasi. Sejalan dengan itu, penelitian bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam menunjang kinerja dan popularitas institusi pendidikan tinggi. Kami menggunakan data jumlah postingan, viewer, follower, dan subscriber pada masing-masing media sosial yang dikelola oleh perguruan tinggi dan menganalisisnya menggunakan regresi untuk melihat hubungannya dengan kinerja dan popularitas pendidikan tinggi di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi sosial tweeter dan YouTube berdampak pada kinerja pendidikan tinggi yaitu jumlah mahasiswa. Kami juga menemukan bahwa peningkatan jumlah visitor pada website resmi institusi pendidikan tinggi dipengaruhi oleh jumlah postingan, viewer, dan follower pada akun media sosial Facebook, Instagram, dan tweeter. Dilihat dari perspektif manajemen strategis, kami melihat adanya peluang bagi universitas untuk mengelola media sosialnya secara efektif. Hal tersebut Akan memberikan dampak terhadap peningkatan popularitas di dunia maya dan kinerja institusi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...