Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 5 No 2 (2021)

Kesulitan Guru Biologi Dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Di SMAN 1 Paciran

Patekur, Patekur (Unknown)
Fadiana, Mu'jizatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan kesulitan  yang dihadapi guru biologi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran jarak jauh pada  jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 guru biologi jenjang SMA. Data penelitian dengan teknik wawancara dan kuesioner terbuka. Kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi metode antara wawancara dan kuesioner terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan subjek penelitian dalam merencanakan pembelajaran jarak jauh antara lain: keterbatasan alokasi waktu, kesulitan dalam mempersiapkan media pembelajaran yang efektif; kendala jaringan internet saat mempersiapkan pembelajaran. Dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh subjek penelitian mengalami kesulitan dalam memantau dan mengontrol aktivitas siswa selama pembelajaran, membangun komunikasi dengan siswa yang pasif saat pembelajaran. Sedangkan kesulitan pada tahap evaluasi adalah kesulitan dalam penilaian sikap, terutama kejujuran dan penilaian keterampilan yang tidak ideal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...