Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi guru biologi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran jarak jauh pada jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 guru biologi jenjang SMA. Data penelitian dengan teknik wawancara dan kuesioner terbuka. Kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi metode antara wawancara dan kuesioner terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan subjek penelitian dalam merencanakan pembelajaran jarak jauh antara lain: keterbatasan alokasi waktu, kesulitan dalam mempersiapkan media pembelajaran yang efektif; kendala jaringan internet saat mempersiapkan pembelajaran. Dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh subjek penelitian mengalami kesulitan dalam memantau dan mengontrol aktivitas siswa selama pembelajaran, membangun komunikasi dengan siswa yang pasif saat pembelajaran. Sedangkan kesulitan pada tahap evaluasi adalah kesulitan dalam penilaian sikap, terutama kejujuran dan penilaian keterampilan yang tidak ideal.
Copyrights © 2021